5 Pantai KECE di Malang yang 'kudu' disamperin!


     Malang, salah satu kota di Jawa Timur yang kian banyak peminatnya. Tak hanya dari masyarakat Jawa Timur saja, dari luar Jawa Timur pun ikut penasaran ingin menikmati pesona kota Malang. Seperti yang kita ketahui, kota Malang memang memiliki banyak tempat-tempat wisata menarik. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kota, wisata sejarah, sampai wisata kuliner dan banyak lagi. Nah kali ini aku akan ngebahas tentang wisata alamnya, yaitu tentang beberapa pantai yang terkenal di Malang. Check this out yah..
     
      1. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak
     Pantai Kondang Merak ini terletak di desa Sumber Bening, kecamatan Bantur  +/- 59km dari Malang kota yang ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan kendaraan tanpa macet. Jadi dari kota jalan aja ke arah selatan menuju Bululawang, Bantur, kemudian masuk desa Sumber Bening. Setelah melewati perkebunan tebu ada perempatan jalan, yang jika lurus ke arah Balekambang, kiri ke Goa Cina, ambil arah kanan. Dulu jalannya masih pelosok sempit masuk kebun sekarang udah dibangun udah lebar aspalan mulus. Tapi ke arah Kondang Meraknya jalannya belum berubah masih berbatu, kerikil, tanah liat hati-hati aja kalau abis ujan bisa-bisa keperosok bannya.

harus siap siaga ya..
     Setelah berkendara kurang lebih sejauh 4km tibalah kita di pintu masuk. Tiketnya murah cuma Rp3000,- dan biaya parkir Rp5000,-. Pantai ini memang tak berpasir lembut tapi batu-batu karang di bibir pantai bikin airnya jernih. Ombaknya juga nggak besar bisa banget buat snorkling. Bagi yang mau bermalam juga bisa mendirikan tenda di sekitarnya. Tak perlu resah kalau nggak bawa perlengkapan buat nyebur. Karna disana banyak orang jualan celana pendek, kaos, ada juga yang nyewain seperangkat alat snorkling. Cukup dengan Rp25.000,- bisa deh kita mengamati ikan nemo dengan jelas.

in frame: Asnawati
photo by: Nur Hiedayati

       2. Pantai Balekambang

photo by: Dedik Fantastis

     Ini dia Tanah Lot-nya Jawa Timur. Gak perlu jauh-jauh ke Bali buat dapet yang kayak ginian. Pura yang berdiri di tepi laut. Untuk menuju ke pantai Balekambang ini rutenya sama kayak yang aku jelasin diatas. Dari perempatan setelah perkebunan tinggal lurus aja, ada papan petunjuknya kok. Bedanya jalanan ke pantai ini lurus mulus gak ada tanah liat. Di sekitar pantai ini juga banyak orang berjualan dari pakaian, makanan, cemilan, dll. Pasirnya lembut bisa buat nulis-nulis gak jelas. Kalau mau main-main silahkan aman kok soalnya jauh dari ombak. Kita juga bisa melihat-lihat ke dalam pura. Asalkan patuhi peraturannya yaa yang sopan jangan sembrono, bagi wanita yang lagi berhalangan dilarang masuk. Di sisi kanan ada batu-batu karang besar yang bagus buat spot berfoto ria. Cantik deh pemandangan di pantai ini.

photo by: Dedik Fantastis
phoyo by: Dedik Fantastis

photo by: Dedik Fantastis
 
                   3. Pantai Batu Bengkung


in frame: Nur Hiedayati

     Dinamakan pantai Batu Bengkung karena di sisi kiri terdapat lengkungan bebatuan karang yang melintang dari ujung bukit di sebelah selatan hingga ujung bukit sebelah utara. Jaraknya tak jauh dari pantai Balekambang hanya sekitar 13km ke arah timur. Dari pintu masuk saja kita disambut hamparan pantai yang luas dan Batu Bengkung ini yang paling pojok. Pasirnya memang nggak selembut pasirnya Balekambang. Tapi istimewanya di pantai ini kita bisa ceburan tanpa takut ombak. Karna disini ada laguna yang bisa buat berenang-renang, sekedar berendam atau mengambang. Antara laut dan laguna dipisahin sama batu karang besar, kita boleh aja naik ke batu karangnya asal hati-hati ya selain tajam juga licin. Dan jangan sekali-kali turun dari batu karang menuju laut karna ombaknya besar banget, beneran.


in frame: Asnawati

photo by: Efendi
in frame: Nur Hiedayati
     Tepat di pinggir laut sebelah selatan ada bukit yang bisa didaki. Ada dua jalan sih yang bisa kita lewati untuk mencapai puncaknya. Tapi aku saranin jangan lewat sebelah kiri, bahaya karna karangnya bener-bener tajam ditambah lagi ombaknya yang gede banget. Mending lewat sebelah kanan aja aman. Nah setelah sampai di puncak bukitnya kita disuguhi pemandangan yang kece banget. Di atas kita bisa hanya sekedar duduk santai menkmati suasana, berselfie ria atau kalau mau yang lebih menantang ada spot buat panjat tebing loh. Tapi sekali lagi harus hati-hati banget yaa.. Yang mau bemalam bisaa, disini disediain tempat buat nge-camp juga. Menikmati senja, nyalain api unggun sambil main gitar uh soswit..



sayang pas lagi mendung

ketinggalan senja


4. Pantai Goa Cina 

photo by: Dedik Fantastis

      Hanya berjarak 7km dari Pantai Batu Bengkung, melewati jembatan kece setelah pantai Bajul Mati yang bisa buat selfie-selfie ada pantai yang tak kalah cantik juga. Pantai Goa Cina namanya.Seperti pantai lainnya biaya masuk pantai ini juga cukup murah hanya dengan membayar Rp 4000 untuk tiket masuk dan Rp5000 untuk parkir kendaraan. Pantai ini memiliki beberapa bukit yang berdiri tak jauh dari bibir pantai yang menambah kecantikan pesonanya. Di salah satu bukitnya ada goa kecil yang bisa kita masuki. Kalau air lagi surut kita bisa menyeberang menuju ke bukit yang paling besar. Banyak spot yang bisa dibuat hunting foto-foto keren disini dijamin gak nyesel deh.

photo by: Efendi
berjalan di tepi pantai | photo by: Dedik Fantastis
photo by: Dedik Fantastis

     5. Pantai Ngliyep
     
kostum gajelas kita

     Pasti gak asing lagi kan nama ini. Iya pantai Ngliyep. Jaraknya sekitar 35km dari pantai Balekambang ke arah barat. Banyak tempat bagus di pantai ini, mulai dari pantai Pasir Panjang, Teluk Putri hingga Gunung Kombang. Bentangan pasir putih yang luas dan panjang seperti mengajak untuk berlari-larian menyusurinya.

together

panas sih tapi seru

     Tak jauh dari lokasi foto-foto diatas berjalan kearah timur gak sampai sekilo kita bakal nemuin lautan yang menjorok ke daratan atau teluk. Namanya teluk Putri. Tempatnya super kece bagus banget deh pokoknya apalagi yang mau foto-foto ala prewed gitu

Teluk Putri
nangkring cantik | photo by: Asnawati

ciecieciee | in frame: Nur Hiedayati, Efendi

     Satu lagi tempat keren disini. Letaknya jalan aja lurus terus meyusuri jalanan teluk Putri tadi. Ada bukit yang bisa didaki cuman hati-hati kepleset ya. Di atas bukitnya ada satu bangunan entah untuk beristirahat atau tempat beribadah kurang tau soalnya digembok. Jadi menikmati pemandangan aja deh dari atas.


semedi dia kali y

Karangnya kayak kapal yah

     Nah.. itu masih beberapa aja dari sekian banyak pantai indah di Malang. Sebenernya masih banyaaak lagi pantai-pantai keren lainnya, next kita bahas lagi ya.. dan inget ya tetep jaga kelestarian alamnya. Jangan ambil apapun kecuali gambar, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki. thnkyu buddies..



































































Komentar

  1. bakal kepantai-pantai yang disebutin ahh kalo ke malang. makasih rekomendasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama 🙂 masi banyak yg lebih bagus sbenernya cuman belum smpet nulis lagi hehe

      Hapus

Posting Komentar

Baca Juga